A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

PEMERINTAH ACEH BARAT GENJOT SEKTOR PERKEBUNAN

PEMERINTAH ACEH BARAT GENJOT SEKTOR PERKEBUNAN

Jumat, 20 Juli 2018 10:19:51 admin ikhsan

 

 

Bupati Aceh Barat H. Ramli. MS dengan dengan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Ir. Bambang, MM di ruang kerjanya di Jakarta dalam rangka membahas program replanting (peremajaan kelapa sawit) di Kabupaten Aceh Barat. 

 

 

 

PEMERINTAH ACEH BARAT GENJOT SEKTOR PERKEBUNAN

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat terus melakukan berbagai upaya untuk menggenjot sektor perkebunan agar menjadi instrumen masyarakat dalam meningkatkan kondisi ekonominya. Jika sebelumnya membangun perkebunan pinang rakyat dan memberikan bantuan bibit sawit, namun kali ini Pemerintah dibawah kepemimpinan Bupati H. Ramli. MS dan Wakil Bupati H. Banta Puteh Syam akan melakukan Program Replanting (peremajaan kelapa sawit).

Upaya tersebut ditandai  dengan dilakukannya pertemuan  antara Bupati Aceh Barat     H. Ramli. MS dengan dengan Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Ir. Bambang, MM di ruang kerjanya di Jakarta dalam rangka membahas program replanting (peremajaan kelapa sawit) di Kabupaten Aceh Barat. 

Pada pertemuan tersebut Bupati Aceh Barat H. Ramli MS didampingi oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat, Ir. Said Mahjali, M. Si, Staf Khusus Bupati Aceh Barat Fuad Hadi, SH, MH dan Tenaga Ahli Perkebunan M. Saladin Akbar, S.ST.

Kabupaten Aceh Barat sendiri membutuhkan peremajaan sawit hampir mencapai 20.000 Hektar.  “Alhamdulillah,  Aceh Barat merupakan Kabupaten pertama yang mendapatkan  program  replanting di Provinsi Aceh, untuk itu saya mengajak Dirjen Perkebunan untuk dapat hadir dalam rangka penanaman perdana program peremajaan kebun sawit masyarakat Aceh Barat” ungkap Bupati Ramli. 

Sementara itu Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Ir. Bambang, MM  menyampaikan kesediaannya untuk hadir dalam acara penanaman perdana program replanting sawit rakyat  di Kabupaten Aceh Barat. “Saya akan hadir ke Meulaboh dan saya berharap program replanting di Kabupaten Aceh Barat dapat melebihi dari target yang ditetapkan” ujar Bambang.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Ir. Said Mahjali,      M. Si mengungkapkan program replanting (peremajaan kelapa sawit) tersebut sesuai dengan Pasal 13 Peraturan Menteri Keuangan Nomor 84/PMK.05/2017 tentang penggunaan dana peremajaan perkebunan kelapa sawit pada layanan umum badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit, “program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing dalam meningkatkan perekonomian petani sawit,” ungkap Said Mahjali.

Said Mahjali menjelaskan, dalam pelaksanaan nantinya, kami akan melakukan verifikasi usulan dari kelompok tani serta melakukan pendampingan kegiatan peremajaan dan melaksanakan perencanaan, sosialisasi, koordinasi, pengawalan, monitoring, evaluasi dan pengawasan sesuai kewenangan. “nanti kami akan meminta usulan dan evaluasi dengan kelompok tani untuk menyiapkan rekomendasi teknis peremajaan perkebunan kelapa sawit serta menyiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi, sumber daya manusia dan keuangan,” tuturnya. Said Mahjali menambahkan, pada program replanting (peremajaan kelapa sawit) tahun 2018 ini ditargetkan rekomendasi teknis dengan luas 1.110 hektere (ha), tentu semua itu harus melalui semua proses yang ketentuan yang berlaku, “semuanya akan segera kita siapkan, mudah-mudahan bantuan ini dapat membantu petani perkebunan sawit,” harapnya.

Replanting kelapa sawit adalah kegiatan penanaman kembali pada perkebunan kelapa sawit yang memiliki tanaman kelapa sawit dengan umur yang sudah tua dan tidak produktif. apabila ditinjau dari sisi pengusaha maka tanaman kelapa sawit yang telah berumur tua 25-30 tahun dianjurkan untuk melakukan peremajaan kembali agar hasil sawit tidak terlalu turun drastis. Pemkab Aceh Barat berharap dengan adanya replanting kelapa sawit dapat meningkatkan produktivitas tanaman kelapa sawit yang sudah menurun sehingga dapat memberikan keuntungan dan meningkatkan perekonomian petani sawit di  Kabupaten Aceh Barat. (Diskominsa Aceh Barat)