A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

DPMG Aceh Barat Gelar Kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Gampong

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Barat menggelar Kegiatan Pelatihan Penguatan Kelembagaan Gampong yang berlangsung di Aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Kabupaten Aceh Barat, Senin, (23/4/2019).

Kegiatan tersebut mengusung tema "melalui pelatihan penguatan kelembagaan gampong, mari kita perkuat kapasitas pelaksana operasional badan usaha milik gampong dalam rangka meningkatkan perekonomian sesuai potensi gampong”.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Mukim dan Gampong DPMG Aceh Barat Kemal Pasha, SIP, MPA dalam laporannya menyampaikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat pada tahun 2018 telah menerbitkan Perbup Aceh Barat Nomor 38 tahun 2018 tentang pedoman teknis pemberdayaan ekonomi produktif menggunakan dana desa oleh BUMG. "Pemkab Aceh Barat telah memberikan kepercayaan kepada BUMG untuk membuka akses kemudahan modal usaha dalam bentuk pinjaman kepada masyarakat miskin, pemuda dan perempuan, kaum disabilitas, pengangguran, dan masyarakat yang telah memiliki usaha" katanya.

Lebih lanjut Kemal mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan direktur BUMG tentang pengelolaan BUMG dan pengembangan unit-unit usaha baru sesuai potensi di gampong, melatih jiwa wirausaha dan etika bisnis pengurus BUMG dan meningkatkan keterampilan direktur BUMG dalam menyusun analisa kelayakan usaha untuk mendukung penyertaan modal dari pemerintah gampong.

Bupati Aceh Barat yang diwakili Asisten I Mirsal, S. Sos, MSP dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga, haru dan senang terhadap insiatif DPMG Aceh Barat telah menggunakan produk lokal gampong pada pelatihan tersebut yaitu tas eceng gondok dan sajian kue tradisional khas aceh.

"DPMG Aceh telah melakukan kinerja optimal melalui ide kreatif dan inovasi demi terciptanya keberdayaan ekonomi masyarakat gampong" katanya.

Ia juga berharap agar instansi lainnya mau dan mampu melaksanakan kegiatan seperti DPMG Aceh Barat.

Pelatihan tersebut akan berlangsung selama 6 (enam) hari, dimulai pada hari senin 22 s.d 30 April 2019, dengan peserta pelatihan berjumlah 321 orang yang terbagi menjadi 6 angkatan, setiap angkatan mengikuti pelatihan selama 1 (satu) hari bertempat di aula DPMG Kabupaten Aceh Barat, dengan narasumber yaitu Kemal Pasya, selaku Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMG Aceh Barat, dengan materi manajemen pengembangan usaha BUMG, Intan Muliani, selaku Kepala Dinas Perdagangan Aceh Barat, dengan materi etika bisnis BUMG dan Zulfikar, selaku tenaga ahli P3MD Aceh Barat, dengan materi penyusunan analisa kelayakan usaha BUMG.

Dalam kegiatan tersebut, DPMG Aceh Barat menyediakan tas pelatihan berbahan anyaman eceng gondok, serta menyajikan makanan lokal dan tradisional khas Aceh yang berasal dari sentra kue tradisional khas Aceh dari Gampong Langung Kecamatan Meureubo, dalam rangka mendukung penggunaan produk lokal dan mempromosikan buah karya putra putri terbaik Aceh Barat.